17 Cara Menghilangkan Ketombe Membandel Secara Alami

Posted by mimisabreena on Tuesday, February 6, 2018

Cara Menghilangkan Ketombe Membandel memanglah bukan suatu yang mudah untuk dilakukan. Namun kita sebagai pemilik rambut sudah semestinya untuk selalu mencari cara untuk mengatasinya. Ada beberapa bahan herbal yang bisa kita manfaatkan, dan itu bisa kita dapatkan dari sekitar lingkungan sekitar loh. Alam kita sudah kaya akan tanaman obat, jadi tak salah apabila kita memaksimalkannya sebagai media untuk memperoleh tubuh cantik dan penampilan yang sempurna tentunya. Saat ini sudah banyak dijumpai situs yang menyediakan info mengenai tips dan cara menghilangkan ketombe secara alami, namun di sini kami akan membagikan kembali daftar lengkapnya secara terperinci. Yang ditujukan agar nantinya para pembaca dapat memilih salah satunya untuk diterapkan pada ramut yang mengalami masalah.

Ketombe merupakan salah satu masalah kulit kepala yang siapa saja bisa mengalaminya. Hal ini tentu disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya ialah kebersihan yang kurang dijaga. Malas untuk keramas dan juga aktifitas keseharian yang menuntut kita untuk melakukan kegiatan yang bisa merusak kulit kepala. Dampak awal mungkin terasa gatal, dan selanjutnya barulah muncul ketombe karena terdapat banyak kotoran berupa debu serta mengelupasnya kulit kepala akibat luka yang sudah kering.

Cara Menghilangkan Ketombe Membandel Secara Alami

Cara Alami Menghilangkan Ketombe Membandel

Mengatasi ketombe secara alami bisa kita terapkan dengan menggunakan beberapa bahan sederhana. Untuk lebih jelasnya, dibawah ini daftar bahan serta cara penggunaan yang bisa anda ikuti : Yuk simak rangkumannya!

Menggunakan Lidah Buaya

Bahan yang satu ini mungkin sudah dikenal sebagai salah satu alternatif perawatan rambut. Dimana fungsinya memang sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit kepala dan juga menjadikan rambut terlihat lebih mengembang. Adapun cara penerapannya yakni cukup dengan menyiapkan daging lidah buaya secukupnya kemudian dihaluskan hingga berbentuk pasta. Balurkan pada seluruh bagian rambut (khususnya kulit kepala) sembari melakukan pemijatan lembut. Diamkan sekitar 15 menit baru bisa dibilas.

Paling Populer !!!

Menggunakan Garam Dapur

Bumbu dapur yang tak pernah lepas dari segala jenis masakan ini ternyata berkemampuan untuk mencegah ketombe serta pertumbuhan jamur pada kulit kepala. Untuk menggunakan cukup mencampurkan sedikit garam pada shampo ketika sedang keramas.

Menggunakan Jeruk Nipis

Buah yang mempunyai sifat membersihkan ini sangat ampuh dalam mengangkat jamur penyebab ketombe membandel pada kulit kepala. Sangat cocok untuk segala jenis kulit dan rambut sehingga bisa digunakan secara universal tanpa harus memikirkan efek samping. Cara penerapan dengan mengolesi seluruh bagian kulit kepala dan diamkan sekitar 30 menit. Sangat cocok diterapkan sebelum anda melakukan keramas.

Menggunakan Cuka Putih

Bahan ini dipercaya sangat aktif dalam cara menghilangkan ketombe pada kulit kepala. Penerapan juga terbilang mudah. Cukup dengan mencampurkan cuka dengan air pada bilasan terakhir ketika keramas. Atau dipadukan dengan minyak goreng yang digunakan sebelum keramas sembari melakukan pemijatan halus pada kulit kepala.

Menggunakan Soda Kue (Baking Soda)

Cukup ambil beberapa jumput bubuk baking soda. Selanjutnya campurkan dengan air secukupnya, lalu bubuhkan pada keseluruhan kulit kepala yang dirasa mengalami masalah. Biarkan meresap sejenak barulah kemudian bilas dengan air hingga benar-benar bersih.

Menggunakan Minyak Almond

Memang pada dasarnya minyak nabati yang satu ini mempunyai jutaan manfaat bagi tubuh. Salah satunya ialah menyehatkan kulit kepala, mengangkat sel kulit mati yang menempel pada kulit serta digunakan sebagai cara menghilangkan ketombe secara alami dan permanen. Penerapan cukup mengoleskan minyak almond secara merata pada rambut dan kulit kepala yang diserang ketombe. Sangat cocok digunakan sehabis keramas.

Menggunakan Minyak Teh

Minyak essensial yang satu ini mempunyai kemampuan sebagai anti-bakteri yang ampuh untuk membunuh jamur. Sangat cocok digunakan untuk menghilangkan ketombe membandel pada rambut dan juga menjaga kesehatan kulit kepala. Cara penerapannya cukup dengan mencampurkan 1 sdm minyak teh dengan 1 cangkir air hangat. Aduk hingga rata kemudian gunakan untuk memijat kulit kepala sehabis atau sebelum keramas.

Menggunakan Urang-aring

Salah satu tanaman yang tergolong dalam jenis rumput ini mempunyai fungsi yang cukup baik untuk merawat kesehatan kulit kepala. Cara penggunaannya tidaklah sulit, cukup haluskan sekitar 1 genggam daun urang-aring kemudian campur dengan air. Balurkan pada seluruh bagian rambut berketombe dan didiamkan sekitar 20 menit. Selanjutnya bilas hingga bersih.

Cara Mengatasi Ketombe Secara Alami'

Faktor Penyebab Ketombe

Ada beberapa faktor yang memicu munculnya ketombe pada kulit kepala. Beberapa diantaranya sudah kami rangkum pada keterangan dibawah ini. Tujuannya agar anda lebih waspada serta menghindari kegiatan terkait agar kulit kepala lebih sehat. Faktor penyebab ketombe diantaranya :

  • Sering gonta-ganti merk shampo. Perlu kita ketahui, bahwa shampo yang kita gunakan menggunakan racikan bahan kimia yang berbeda. Jika kulit kita sensistif, maka tidak hanya menimbulkan gatal dan ketombe saja. Dampak lain akan berakibat pada rambut bercabang, rontok, lebih cepat uban dan lain sebagainya.
  • Terlalu banyak pikiran yang mengakibatkan anda merasa stres. Jika gejala ini berangsur, maka kemungkinan besar akan menimbulkan gatal dan mengelupasnya permukaan kulit pada kepala.
  • Menggunakan sisir yang tidak sesuai, hindari pemakaian secara bergantian karena bisa saja anda akan tertular kuman penyebab ketombe dan gatal pada kulit kepala. Sehingga secara tidak sadar anda akan mengalami ketombe.
  • Terlalu sering dan terlalu lama terkena paparan sinar matahari langsung. Sinar UVA dan UVB sangat tidak baik untuk kulit yang bisa menyebabkan gatal dan iritasi.
  • Mengikat rambut yang masih dalam keadaan basah.
  • Kulit anda yang sensitif dan rentan infeksi dikarenakan alergi.
  • Dan masih banyak lagi yang lainnya.

# Bagaimana Cara Mencegah Agar Kulit Kepala Tidak Berketombe?

Ada banyak hal yang bisa anda lakukan sebagai langkah awal cara mencegah ketombe pada kulit kepala dan rambut. Salah satunya ialah dengan memperhatikan komposisi bahan kimia pada shampo yang kita gunakan. Adapun rincian komposisi tersebut bisa anda lihat pada daftar berikut :

– Asam Salisilat : Berfungsi untuk menghilangkan dan mengangkat sel kulit mati yang sudah terlepas (rontok) dari kulit kepala. Namun efek yang akan didapat mungkin akan membuat kulit kepala menjadi kering.
– Ketokonazol : Berguna sebagai penghilang ketombe khususnya yang disebabkan oleh jamur.
– Tar : Mengurangi tumpukan ketombe namun berdampak pada perubahan warna rambut.
– Selenium Sulfida : Mempunyai manfaat sebagai penghilang jamur dan memperlambat tumpukan sel kulit mati pada kulit kepala.
– Zinc Pyrithione : Berfungsi sebagai anti jamur yang berguna untuk membasmi jamur penyebab munculnya ketombe.

# Bagaimana Langkah-Langkah Agar Ketombe tidak berkembang biak di kepala?

Jika kami lansir dari beberapa sumber, ada sekitar 3 langkah sederhana yang bisa anda gunakan untuk mencegah penyebaran jamur penyebab ketombe pada kulit kepala.

  1. Hindari Kebiasaan Menggaruk Kulit Kepala : Hal ini bertujuan untuk mencegah penyebaran jamur sehingga tidak berkembang lebih banyak. Memang ketombe menyebabkan rasa gatal, namun alangkah baiknya jika anda hindari dengan langsung keramas atau membersihkannya.
  2. Lakukan keramas secara rutin (paling tidak 2 hari sekali) agar kebersihan kulit kepala tetap terjaga. Hal ini bertujuan untuk mencegah perkembangan jamur dan juga lebih menyehatkan kulit kepala. Gunakan pula shampo anti-ketombe yang sesuai dengan kulit anda.
  3. Perhatikan Komposisi shampo anti-ketombe yang anda gunakan. Lihat lampiran diatas untuk lebih jelasnya. Hentikan penggunaan jika dirasa tidak cocok dan ganti dengan merek yang lain.

Demikianlah artikel singkat mengenai 17 Cara Menghilangkan Ketombe Membandel Secara Alami. Semoga bisa membantu dan berguna bagi anda yang membutuhkan. Silahkan kunjungi tips kecantikan lainnya yang bisa anda dapat hanya dengan mengklik bagian home website kami. Sekian dahulu terima kasih telah berkunjung..



from Tips Kecantikan dan Perawatan Untuk Wanita http://ift.tt/2E6xiGL

Previous
« Prev Post

Related Posts

February 06, 2018

0 comments:

Post a Comment